Sabtu, 04 Juni 2011

Mempersiapkan Perlengkapan Bayi

Bila para ibu muda bertanya tentang waktu yang tepat untuk membeli perlengkapan bayi, maka jawabannya adalah relatif. Setiap pasangan memiliki pendapat yang berbeda-beda. Bagi pasangan baru yang mungkin belum pernah memiliki pengalaman punya anak, mungkin mereka akan membeli perlengkapan bayi sedini mungkin. Hal tersebut dipengaruhi oleh euphoria mereka sebagai pasangan orang tua baru. Namun, mungkin juga mereka baru akan membeli perlengkapan bayi sesaat sebelum sang ibu melahirkan bayi.
Tak ada pakem atau waktu khusus yang mutlak yang wajib dilakukan oleh calon orang tua mengenai persiapan perlengkapan bayi. Semuanya diserahkan sepenuhnya pada calon orang tua bayi.
Namun, ada beberapa hal yang sekiranya bisa dipertimbangkan sebelum membeli (dalam rangka mempersiapkan) perlengkapan bayi. Kepik Baby Shop akan memberikan tips kali ini, di antaranya adalah sebagai berikut:
  1. Harga perlengkapan bayi terus meningkat dari waktu ke waktu. Peningkatan harga perlengkapan bayi tak bisa dianggap sepele. Untuk itu, sebagai calon orang tua sebaiknya menabung sejak bayi berusia 1 bulan. Menabunglah setiap hari atau setiap minggu untuk membeli perlengkapan bayi. Jangan pernah mengandalkan pemberian orang lain, karena hal tersebut masih belum pasti.
  2. Bila yang dikandung sekarang adalah anak ke-2, itu artinya perlengkapan bayi anak pertama seharusnya masih ada, apalagi bila jarak antara bayi pertama dan kedua tak begitu jauh. Itu sebabnya, kita tak perlu membeli lagi perlengkapan bayi yang baru, karena kita bisa memakai perlengkapan bayi yang lama. Efisiensi juga dibutuhkan, bukan karena tidak sayang.
  3. Lihatlah kondisi keuangan kita. Jangan terlalu berlebihan dalam membeli perlengkapan bayi. Bagaimanapun juga kebutuhan kita tak hanya untuk membeli perlengkapan bayi. Masih ada kebutuhan jangka panjang yang harus kita pikirkan, misalnya: susu bayi, kebutuhan untuk imunisasi, hingga kebutuhan hidup sehari-hari. Sebaiknya kita membeli perlengkapan bayi secukupnya saja. Tak kurang juga tak lebih.
  4. Bila kita pandai menjahit, maka untuk menghemat baju-baju bayi yang jumlahnya lumayan banyak, kita bisa membuatnya sejak usia kehamilan pertama. Mencicil setiap hari untuk membuat baju bayi sedikit bisa menghemat pengeluaran. Uang yang seharusnya untuk keperluan perlengkapan bayi bisa dialihkan untuk kebutuhan yang lainnya.
  5. Bisa juga meminta referensi pada orang yang sudah berpengalaman atau anda bisa berkonsultasi secara gratis kepada Kepik Baby Shop, apa saja yang harus mereka persiapkan untuk menyambut kedatangan sang buah hati. Biasanya kita akan mendapatkan banyak ilmu dari orang yang sudah berpengalaman.
Untuk keterangan lebih lanjut mengenai perlengkapan bayi yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan ragu untuk menghubungi:
AKILAH Babies & Kids Shop
Jl. Antang Raya, No.83 Makassar
Telp. 0411-481388; HP. 0852 4280 3977
 

AKILAH Babies & Kids Shop Copyright 2009 All Rights Reserved Baby Blog Designed by Ipietoon | All Image Presented by Online Journal